4 Manfaat Penting Tertawa

REVOLUSIILMIAH.com - Sahabat, Fenomena "Om Telolet Om" yang menjadi viral di dunia, tidak hanya di Indonesia, merupakan salah satu hiburan yang dapat dinikmati oleh seluruh orang, meskipun sederhana, namun dapat menjadi sebuah daya tarik dalam rangka Hiburan atau minimal sekedar untuk melepas tawa. Dimana hiburan dan tertawa merupakan salah satu hal yang penting dalam menjaga kesehatan tubuh secara umum. Khusus untuk tertawa, hal kecil namun penting ini jangan sampai dilupakan ya.

Tertawa, menurut Ekman dan Friesen merupakan ekspresi wajah bahagia yang ditunjukkan dengan : Sudut bibir tertarik ke belakang dan tertarik ke atas; Bibir merapat atau meregang dengan gigi terlihat atau tidak; Ada kerutan turun dari hidung sampai sudut luar bibir; Pipi terangkat; Ada kerutan di bawah kelopak mata bagian bawah dan Ada kerutan di sudut luar mata. Kriteria itu menarik, karena kita sering salah menilai mengenai tertawa ini, oleh karenanya cobalah untuk menilai, apakah kita sudah betul-betul tertawa.

Tertawa bersama. (Foto : freedigitalphotos)

4 Manfaat Penting Tertawa

Tertawa tentu saja sangat penting, selain sebuah ekspresi bahagia, tertawa ternya juga sangat vital dalam menjaga kesehatan tubuh. Berikut manfaat penting tertawa yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Menjaga "Awet Muda"

Tetap awet muda adalah dambaan setiap orang. Awet muda di sini dalam arti memiliki penampilan dan kesegaran secara umum yang hampir mirip saat muda dahulu, atau tetap dalam kondisi yang fit/bugar. Dengan membiasakan diri untuk melihat, mendengarkan dan membaca hal-hal yang dapat membuat tertawa yang wajar, menjadikan tubuh akan tampak awet muda dan mejaga kebugaran tubuh secara umum.

2. Mengurangi dan Mencegah Stres

Tidak ada satu orang pun yang tidak memiliki masalah. Masalah dapat timbul dari diri sendiri maupun orang lain, yang sering menjadikan stres seseorang. Cobalah untuk membuat diri sendiri atau orang lain tertawa, tampilkan joke atau candaan yang dapat membuat tertawa misalnya, selain baik untuk kesehatan, tertawa juga dapat mengurangi stres yang sedang melanda atau mencegah supaya tidak timbul stres.

Baca juga : 20 Keajaiban Tubuh secara Umum

3. Memperlancar Aliran Darah

Otot-otot wajah, pada saat tertawa sebagian mengalami peregangan atau melebar, hal tersebut sangat baik untuk memperlancar peredaran darah, hal tersebut sedikit berbeda dengan orang pada saat cemberut, dimana otot-ototnya mengalami penyempitan. Dengan aliran darah yang lebih lancar, tentu saja suplai oksigen dan zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh dapat terselurkan dengan baik, sehingga kesehatan wajah utamanya dapat terjaga dengan baik.

4. Mengharmoniskan Hubungan dengan Orang Lain

Umumnya tertawa tidak hanya dilakukan oleh satu orang saja, namun oleh sekelompok orang yang ikut dalam suasana tersebut, misalnya sedang menonton acara Lawak, beberapa orang yang menonton akan serta merta tertawa bersama-sama saat ada joke atau candaan tertentu. Atau misalnya Anda memiliki pengalaman yang lucu, kemudian diceritakan kepada orang lain, selain menghibur diri sendiri, juga dapat menghibur orang lain, disitu dapat terjalin hubungan personil yang baik. Menjaga hubungan personil yang baik sangat penting dalam kehidupan dan kesehatan psikologis.

Nah, itu manfaat penting dari tertawa, namun tertawa tidak perlu berlebihan, karena dapat juga berbahaya, tertawalah secara wajar dan dalam suasana yang memang sepantasnya untuk tertawa. Meskipun tertawa itu sebenernya alami, namun apabila dilakukan tidak wajar, pastinya orang lain juga akan menilai negatif tertawa tersebut bukan? (OKW)

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »