Lezat dan Sehatnya Gethuk Gulung

Revolusi Ilmiah – Salam Sehat
Para sahabat yang berbahagia, kali ini saya akan membagi resep cara membuat gethuk gulung, kenapa harus getuk gulung? Karena getuk gulung selain mudah mencari bahan untuk di masak, cara pembuatanya pun juga sangat mudah dan dengan cara seperti itu kita berkontribusi mengembangkan makanan lokal khas nusantara dan membuktikan bahwa tumbuhan dari nusantara sangat bergizi dan mantab, mudah didapat dan mudah cara mengolahnnya. (Baca juga : Keunggulan masakan Nusantara) langsung saja kita lihat bagaimana cara membuat gethuk gulung
Revolusi Ilmiah - Gethuk gulung

Gethuk Gulung

Langkah – langkah membuat getuk gulung :

1. Siapkan bahan

Siapkan Bahan – bahan untuk membuat getuk gulung :
600 gr Singkong, potong-potong
125 gr Gula pasir
30 gr Margarin,
1/2 sdt Vanili bubuk
Garam secukupnya
Pewarna makanan merah  muda, secukupnya
Pewarna makanan hijau, secukupnya
Pewarna makanan kuning, secukupnya
200 gr Kelapa setengah tua, parut panjang

2. Cara membuat :

  1. Campur kelapa dengan sedikit garam, aduk dan kukus selama 25 menit. Angkat dan sisihkan.
  2. Kukus singkong hingga matang dan lunak. Angkat.
  3. Tumbuk singkong selagi hangat hingga halus. Campur dengan semua bahan kecuali pewarna. Aduk rata.
  4. Bagi adonan menjadi 3 bagian, tambahkan tiap bagian adonan dengan warna yang berbeda (merah muda, hijau dan kuning ).
  5. Giling masing-masing adonan dengan ketebalan 1/2 cm.
  6. Letakkan adonan di atas plastik, susun adonan berlapis dengan urutan warna : merah, hijau, kuning.
  7. Gulung adonan sambil ditekan hingga padat, potong adonan 2 cm. Taburi dengan kelapa parut. Sajikan.

Manfaat Singkong

Revolusi Ilmiah - Manfaat singkong
Selain sebagai makanan khas nusantara, ternyata singkong sebagai bahan dasar pembuatan gethuk gulung juga mempunyai banyak manfaat, diantaranaya :

1. Sumber energi 

Singkong rendah lemak dan 0 kolesterol, namun ia cukup tinggi kalori, bahkan hampir dua kali lipat kalori daripada kentang. Hal ini mungkin yang tertinggi dari setiap umbi tropis yang kaya pati. 100 g ubi kayu menyediakan 160 kalori, terutama berasal dari sukrosa yang membentuk sebagian besar gula pada umbi-umbian, yang total terhitung lebih dari 69 % dari total gula. Gula kompleks amilosa lainnya adalah sumber karbohidrat utama yaitu sekitar 16-17 %. Dengan demikian, singkong bisa sebagai makanan alternatif selain nasi untuk mendapatkan cukup energi bagi tubuh kita.

2. Mengandung Serat dan Nol kolesterol 

Mengonsumsi makanan yang tinggi serat akan sangat bermanfaat untuk kesehatan, seperti menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol, dan membantu pencernaan. Rendahnya lemak dan kolesterol, yang ditambah dengan kandungan serat, membuat singkong juga baik untuk mencegah resiko obesitas.

3. Mengandung protein 

Singkong sangat rendah lemak, juga lebih rendah protein jika dibanding dengan sereal dan kacang-kacangan. Meskipun demikian, makanan yang murah meriah ini mengandung lebih banyak protein, jika dibandingkan dengan sumber makanan lainnya seperti ubi, kentang, pisang, dll. Protein tertinggi terutama terdapat dalam daun singkong yang juga tinggi manfaatnya bagi kesehatan.

4. Bebas gluten 

Seperti halnya umbi-umbian lain, ubi kayu juga bebas gluten. Pati singkong yang bebas gluten digunakan sebagai makanan khusus untuk pasien penyakit celiac dan autisme.

5. Sumber vitamin K 

Vitamin K berperan potensial dalam membangun massa tulang dengan cara mempromosikan aktivitas osteotrophic dalam tulang. Selain itu, vitamin ini juga berguna dalam pengobatan pasien penyakit Alzheimer dengan cara membatasi kerusakan saraf di otak.

6. Sumber vitamin B 

Singkong merupakan sumber yang cukup baik dari beberapa vitamin B-kompleks, seperti folat, thiamin, piridoksin (vitamin B – 6), riboflavin, dan asam pantotenat. Vitamin B Kompleks adalah vitamin esensial yang harus diperoleh setiap hari dari makanan, yang sangat penting bagi kesehatan secara menyeluruh. Dan masih banyak lagi sepert magsium dan sebagainya.

Demikian lezat dan sehatnya gethuk gulung dengan singkong sebagai bahan dasarnya. Mau coba? Silakan saja, jangan lupa untuk berbagi dengan keluarga dan sahabat disekitarnya ya. Cukup sekian,  semoga bermanfaat. Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan. (DIEN)

Gambar 1, 2

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »