6 Manfaat Bambu yang Perlu Anda Ketahui

Revolusi Ilmiah – Salam Sehat
Hello para sahabat yang berbahagia, untuk kali ini saya akan berbagi kepada teman – teman dan sahabat – sahabat revolusi ilmiah tentang apa saja kegunaan bambu? Bambu adalah suatu tanaman yang kuat sebagai tumbuhan yang luar biasa, kok luar biasa karena apa? menurut sejarah bambu dulu di gunakan sebagai alat pengaman kerajaan–kerajaan pada zaman dahulu karena kalau bambu tertiup angin yang agak kencang atau kencang banget maka bambu akan menimbulkan bunyi seperti suara harimau, haaauuu.... kurang lebih seperti itu tentang bambu, tapi kali ini saya akan berbagi tentang apa manfaat bambu lebih lanjut.
Revolusi Ilmiah - Bambu banyak manfaatnya

Manfaat Bambu

Berikut 6 Manfaat Bambu :

1. Mencegah Erosi

Fungsi pertama dari bambu adalah mampu mencegah terjadinya erosi dipinggiran sungai, longsor di bukit-bukit, serta mampu “menangkap” debit air yang cukup tinggi di hulu sehingga mencegah terjadinya banjir. Hal ini dikarenakan tadi, akar tunggang dan serabutnya yang menutupi tanah dan terikat kuat dengan tanah. Coba Anda bayangkan sewaktu terjadi tsunami di Aceh beberapa tahun yang lalu. Hanya pohon bambulah yang tahan terhadap terjangan air bah itu. Coba saja jika sepanjang pantai ditanami pohon bambu, mungkin kejadiannya tidak akan separah itu.

2. Penghias atap rumah

Bambu bisa di gunakan sebagai penghias atap – atap rumah kalau bahasa desa itu widek, widek adalah hasil dari anyaman bambu yang sering di buat sebagai hiasan rumah atau yang sering buat menjemur tembakau.

3. Dapat dibuat rakit

Bambu bisa di gunakan sebagai rakit, rakit adalah sebuah bambu yang panjangnya hampir lima meteran di gambung gabung hingga menjadi rakit, rakit sering di gunakan yang di sekitar danau atau raa –rawa.

4. Bahan bangunan rumah

Bambu bisa di gunakan sebagai bahan utama untuk membuat rumah ada yang hampir dari bambu semua dan ada juga yang cuma di buat ring atau untuk atap rumah buat landasan genteng.

5. Karya seni rupa kerajinan tangan

Bambu bisa di buat sebagai bahan kerajinan tangan seperti :  
Kaligarafi terbuat dari bambu biasanya kaligrafi di guanakan untuk menghiasi dinding – dinding rimah , Bambu juga bisa di buat bahan utama mebel contoh seperti : kursi meja almari penjemur pakaian dan sebagainnya, Kipas tradisional bambu juga bisa di buat menjadi  kipas tradisional, selain itu bambu juga bisa di buat sebagai mainan seperti mobil – mobilan, meriam – meriaman.  Tidak cuma bambunya tetapi bonggolnya saja bisa di gunakan sebagai bahan ukir  yang hasilnya cukup memuaskan dan masih banyak lagi.
Revolusi Ilmiah - Masakan dari rebung

6. Makanan yang lezat dan bergizi

Ternyata tidak Cuma bambunya saja yang dapat di gunakan tetapi anakkannya (tunas bambu muda) bisa di buat sayaur yang lezat, dan salah satu makanan khas dari nusantara selain lezat juga bermanfaat, apa sih manfaat dari rembung atau tunas bambu muda? rembung atau tunas muda mempunyai manfaat sebagai berikut : Dalam satu cangkir irisan rebung hanya mengandung 14 kalori dan sepertiga lemak. Dalam porsi yang sama justru mengandung 1,2 gram serat. Setara dengan setengah porsi nasi merah. Serat yang dibutuhkan oleh tubuh sebagai alat untuk pelancar pencernaan dan bisa mencegah timbulnya berbagai penyakit kardiovaskular. Seperti : penyumbatan pembuluh darah, hipertensi, penyakit jantung koroner, serta kolesterol berlebih. (Baca juga : Tips mencegah penyakit darah tinggi)
Rebung mengandung banyak vitamin. Seperti vitamin A, B6, dan E. Makanan ini juga mengandung 17 asam amino protein. :Karena itu rebung bersifat sebagai antioksidan dan penangkal radikal bebas.
Rembung juga mengandunng mineral contoh : kalsium, mangan, , kalium, seng, kromium dan zat besi.  Dalam satu cangkir irisan rebung mengandung 640 mg kalium. ”1,5 kali lebih banyak dari yang terkandung dalam pisang dan setara dengan 14 persen kebutuhan kalium Anda,” katanya. Kalium merupakan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menggerakkan otot, menjaga tekanan darah dan menjaga keseimbangan cairan tubuh. ”Karena itu kekungan kalium bisa menyebabkan nyeri sendi dan otot.

Wow... Ternyata luar biasakan para sahabat manfaat bambu tersebut, ternyata sangat banyak sekali. Bisa di tarik kesimpulan seperti kalimat di bawah ini :
Rebungku bisa dibuat sayur yang lezat, Batangku bisa menjadi bangunan nan kuat, Pelepahku bisa menjadi pelindung dari sengatan panas dan guyuran hujan lebat, Kulitku bisa jadi hiasan rumah indah.
Untuk kali ini cukup sekian dari saya, semoga bermanfaat. Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan. (DIEN)

Gambar 1, 2

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »