Tips Memilih Pupuk Cair Organik Yang Baik

Revolusi Ilmiah - Tips memilih pupuk cair organik

Revolusi Ilmiah - Salam Sehat Pertanian Organik
Berbicara mengenai pertanian hal yang paling diperhitungkan adalah bagian pemupukan. Kenapa? Karena pupuk merupakan hal mendarsar untuk penentu dari hasil tanaman itu sendiri. Kalau jenis pupuk itu baik, otomatis hasil yang akan di dapatpun memuasakan. Jika pupuk yang di gunakan kurang baik, hasilnya pun mengecewakan. Pupuk sendiri ada yang berjenis padat dan cair, ada yang organik dan anorganik. 

Kali ini saya akan memberikan info tentang tips untuk memilih pupuk cair organik yang baik. Karena jenis pupuk sangat mempengaruhi kualitas dan kuantitas hasil produksi panen itu sendiri. 

Ini Tipsnya :

  • Pupuk organik cair yang baik pasti akan mengandung agensia hayati (mikroorganisme) yang menguntung tanaman terutama agensia hayati pengikat Nitrogen dan pengurai Phospat dan kalium.

  • Pupuk organik cair yang baik pasti akan mengandung Unsur hara makro terutama NPK, karena ketiga unsur tersebut merupakan unsur hara yang wajib ada dan dibutuhkan tanaman cukup banyak.

  • Selain mengandung unsur hara makro pupuk organik yang bagus pasti akan mengandung unsur hara mikro, karena unsur hara mikro sangat diperlukan tanaman walaupun walaupun jumlahnya sedikit

  • Pupuk organik cair yang baik biasanya juga mengandung hormon atau ZPT.

  • Pupuk organik cair yang bagus pasti akan mencantumkan kandungan C organiknya

  • Pupuk organik cair yang baik akan mencantumkan tingkat keasamannya (pH nya).

  • Pupuk organik cair yang baik akan mencantumkan ijin resmi dari kementrian pertanian, biasanya akan tercantum dalam kemasannya (merupakan nomor ijin dari surat yang dikeluarkan kementrian pertanian )

  • Pupuk organik cair yang baik bagi petani akan memiliki harga jual yang realistis (tidak terlalu mahal).
Memang tidak mudah untuk memilih pupuk yang baik bagi tanaman kita. Karena biasanya belum tentu pupuk yang baik di terapkan dalam suatu wilayah akan baik juga di wilayah yang lain. Namun setidaknya kita sudah mengetahui terlebih dahulu manfaat kandungan bahan - bahan yang baik untuk tanaman. Sehingga menghindari kesalahan dalam memilih pupuk cair organik yang baik. Ayo Beralih Profesi Menjadi Petani.(Bent)


Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »