Empat Adab Makan yang Perlu Dibiasakan

Hidup Sehat - Makan dengan Tangan Kanan
Revolusi Ilmiah - Salam Sehat
Makan adalah salah satu aktivitas sehari-hari yang pasti kita lakukan, dalam rangka menyambung kehidupan. Oleh karena itu perlu diusahakan bagaimana makan menjadi aktivitas yang menyenangkan dan makan makanan yang sehat perlu kita usahakan setiap harinya dengan pedoman Gizi Seimbang. Pada Info Hidup Sehat kali ini akan dibahas mengenai adab atau tata krama bagaimana sebaiknya cara makan yang baik, sehingga selain makan itu menyehatkan, menyenangkan dan dilihat elok oleh orang lain.

1. Membiasakan Diri untuk Cuci Tangan Sebelum dan Sesudah Makan. Tangan merupakan salah satu media penularan penyakit, banyak penyakit yang ditularkan melalui tangan, misalnya Penyakit tipes dan Penyakit disentri.Oleh karena itu, sebaiknya apabila kita ingin makan, usahakan untuk mencuci tangan terlebih dahulu, apalagi dalam proses makannya pun menggunakan tangan bukan sendok. Kemudian setelah selesai makan, juga dibiasakan untuk mencuci tangan, supaya tetap bersih dan terjaga kesehatannya.

2. Membiasakan Diri untuk Berdoa Sebelum dan Sesudah Makan. Berdoa adalah sarana yang sangat efektif untuk menjadikan hidup tenang secara psikologis. Makan adalah kegiatan sehari-hari yang pasti dilakukan oleh manusia, sehingga dengan membiasakan berdoa setiap kali sebelum dan sesudah makan, kita harapkan supaya baik dalam proses makan berjalan dengan baik dan sesudah makan makanan tersebut bisa berdampak baik untuk kesehatan kita. Pada umumnya orang yang membiasakan berdoa dengan baik sebelum dan sesudah makan, kegiatan makan menjadi menyenangkan dan sesuatu yang dinantikan.

3. Membiasakan Diri untuk Makan Menggunakan Tangan Kanan. Kebiasaan ini umumnya dilakukan oleh orang dengan tangan utamnya kanan, meskipun demikian dalam adab orang indonesia pada umumnya kebiasaan makan dengan tangan kanan adalah bentuk kesopanan. Tetapi yang jelas, memang sangat disarankan makan dengan tangan yang utama, karena dengan tangan utama, makan bisa dengan baik dan mencegah kemungkinan untuk kesulitan dalam kegiatan makan.

4. Membiasakan Diri untuk Makan dengan Posisi Duduk dan Tenang. Makan dengan posisi duduk adalah pilihan posisi terbaik, karena dengan duduk mencegah kemungkinan untuk tersedak. Selanjutnya makan dengan tenang memang perlu dibiasakan, hal tersebut disebabkan makan dengan tenang akan mengoptimalkan cara makan, mengunyah dan menelan, menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan semisal makan berceceran, makanan tumpah dan (seperti posisi pada duduk) tersedak.

Demikian empat adab yang perlu untuk kita biasakan. Hidup Sehat tidak hanya merujuk pada Makan yang sehat dan Pola hidup sehat, tetapi adab, kebiasaan dan tata cara melaksanakan hidup sehat itu sendiri perlu untuk kita ketahui, bukankah "Dimana langit dipijak, Disitu bumi dijunjung" artinya tetap kita harus memahami norma-norma kesopanan yang ada di daerah setempat. Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan. (M-ANT)

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »