Prospek Tinggi Pertanian Organik Di Indonesia



Di era moderenisasi abad 21 ini, masyarakat dunia berlomba-lomba menciptakan suatu produk yang bersifat kimia. Banyak diantaranya menciptakan produk kimia hanya berorientasi kepada hasil. Tanpa mengkaji dan member solusi lebih jauh dampak panjang akibat bahan kimia. Penggunakan bahan kimia tersebut telah menjamur di bidang pertanian. Sehingga menimbulkan banyak permasalahan yang timbul akibat penggunaan berkepanjangan terhadap bahan kimia dalam pengolahan pertanian.

Namun akhir-akhir ini banyak masyarakat dunia mulai sadar akan bahaya yang ditimbulkan oleh pemakaian bahan kimia sintetis berkelanjutan dalam pertanian. Orang semakin arif dalam memilih bahan pangan yang aman bagi kesehatan dan ramah lingkungan. Gaya hidup sehat dengan slogan Back to Nature telah menjadi trend baru meninggalkan pola hidup lama yang menggunakan bahan kimia non alami. Seperti halnya penggunaan pupuk kimia, pestisida kimia sintetis dan hormon tumbuh dalam produksi pertanian setidaknya kini mulai banyak ditinggalkan. Karena pangan yang sehat dan bergizi dapat diproduksi dengan metode baru yang dikenal dengan pertanian organik.

Pertanian organik adalah teknik budidaya pertanian yang mengandalkan bahan-bahan alami tanpa menggunakan bahan-bahan kimia sintetis. Tujuan utama pertanian organik adalah menyediakan produk-produk pertanian, terutama bahan pangan yang aman bagi kesehatan produsen dan konsumennya serta tidak merusak lingkungan. Gaya hidup sehat demikian telah melembaga secara internasional yang mensyaratkan jaminan bahwa produk pertanian harus beratribut aman dikonsumsi (food safety attributes), kandungan nutrisi tinggi (nutritional attributes) dan ramah lingkungan (eco-labelling attributes). Preferensi konsumen seperti ini menyebabkan permintaan produk pertanian organik dunia meningkat pesat.

Indonesia memiliki kekayaan sumberdaya hayati tropika yang unik, kelimpahan sinar matahari, air dan tanah, serta budaya masyarakat yang menghormati alam, potensi pertanian organik sangat besar. Pasar produk pertanian organik dunia meningkat 20% per tahun, oleh karena itu pengembangan budidaya pertanian organik perlu diprioritaskan pada tanaman bernilai ekonomis tinggi untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik dan ekspor. Sehingga banyak para petani di Indonesia dalam pengolahan pertanian beralih kepada system pertanian organik. Dari penelitian terkini pun telah membuktikan bahwa penelitian pertanian organik memuaskan.

Yang demikianlah cara untuk bisa bertahan hidup secara sehat. Manusia bisa sehat, lingkungan pun dapat terjaga dengan baik. Maka keseimbangan alam akan selalu memberikan kedamaian. (r.a)


Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »