Nih Beberapa Tips Mengatasi Rambut Rontok



Pc 1. Rambut Rontok (konsultasisehat.com)

Siapa yang tak bangga memiliki rambut tebal dan hitam berkilau? Rambut memang menjadi kebanggaan tidak hanya kaum hawa, bahkan kini kaum adam pun berlomba-lomba untuk memiliki rambut hitam lebat. Kebotakan atau rambut yang tipis dianggap sebagai tanda ketidak suburan atau bahkan dianggap sebagai penanda usia. Tapi, seringkali usaha yang kita lakukan untuk membuat rambut tebal tidak mudah rontok, menjadi sia-sia. Rambut tetap saja rontok tiap hari dan membuat kepercayaan diri  Anda jadi berkurang. Bagaimana agar penampilan rambut Anda sehat, tebal dan tidak mudah rontok. Simak tips berikut :

RELAKSASI
Badan yang letih, kurang tidur atau terlalu stress dengan pekerjaan, ternyata dapat mempengaruhi kesehatan termasuk rambut. Kondisi badan yang kurang rileks, mengakibatkan sirkulasi darah yang kurang lancar di daerah kulit kepala. Hingga menyebabkan folikel rambut tidak memperoleh nourishments secara maksimal dan membuat akar rambut menjadi lemah . Disamping itu, adanya suplai darah kasar (tidak teratur) mengakibatkan pertumbuhan volume rambut kamu tidak maksimal dan kebotakan tak terhindarkan. Nah, agar aliran darah kulit kepala menjadi lancar dan teratur, cara mudah yang bisa kita lakukan sendiri dirumah adalah dengan memijat-mijat  kulit kepala setiap hari (lebih baik sebelum tidur atau saat keramas). Pijatan pada kulit kepala, selain memicu aliran darah di kulit kepala juga membuat rambut lebih mudah menyerap nutrisi dari dalam sehingga memudahkan pertumbuhannya.
Selain relaksasi dengan memijat kulit kepala, tindakan kecil seperti membiasakan membebaskan kepala dari bermacam aksesoris (pita, tali, bando, jepit, topi, dll) saat tidur, akan sangat membantu mempertahankan kesehatan rambut Anda. Tidak hanya saat tidur, biasakan pula untuk tidak mengikat rambut terlalu lama, dalam kegiatan sehari-hari Anda. Tarikan didaerah yang sama di rambut Anda akan mempercepat proses kebotakan pada rambut Anda. Selain itu, membebaskan rambut Anda memberi kesempatan rambut untuk bernafas dan menyimpan oksigen lebih banyak.

NUTRISI 
Tidak hanya tubuh, berikan juga makanan bagi rambut Anda. Seperti tubuh, makanan (nutrisi)  yang sehat akan menjadikan rambut sehat pula. Apa sih yang disebut nutrisi bagi rambut? Ialah pemberian perawatan untuk rambut, baik dari dalam tubuh maupun dari luar. Pemberian nutrisi dari dalam tubuh yang dianjurkan untuk rambut, diantaranya :

Vitamin A

Vitamin yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit, tak terkecuali kesehatan kulit kepala. Buah-buahan dan sayuran seperti wortel, merupakan pilihan baik nutrisi rambut yang mengandung vitamin A.

Vitamin B dan C

Vitamin B sangat membantu proses sirkulasi darah agar dapat berjalan dengan lancar untuk menjaga kesehatan kulit kepala.

Sedang vitamin C berfungsi sebagai zat anti oksidan yang memiliki kemampuan untuk meremajakan dan memperbaiki sel-sel yang rusak. Dapatkan sumber vitamin B dan C dari buah-buahan segar (cenderung yang memiliki rasa asam) seperti jeruk, lemon dan stroberi.

Vitamin E

Vitamin E mengandung zat antioksidan,yang  berfungsi untuk menghasilkan jaringan kulit yang kondusif sehingga nyaman dan merangsang pertumbuhan rambut. Sayuran hijau seperti seledri, banyak mengandung vitamin E.

Tak hanya vitamin, nutrisi rambut bisa Anda dapatkan dari zat mineral diantaranya;

Zat Besi

Zat besi diperlukan untuk mengangkut oksigen ke rambut, tanpa cukup zat besi, rambut dan kantung-kantung rambut sangat mungkin kekurangan oksigen. Sumber makanan yang mengandung zat besi, banyak didapat dari Daging, sayur berwarna gelap juga polong-polongan.

ZINC

Zinc atau seng berguna untuk mencegah rambut rontok dan membangun protein rambut . Kadar zinc yang tinggi bisa Anda dapatkan dalam makanan seperti daging juga seafood
 
Perawatan dari luar, dapat dilakukan dengan segala macam jenis treatment yang diberikan pada rambut kita, entah itu sekedar shampoo, vitamin, ataupun minyak essensial dan creambath. Perhatikan bahan-bahan yang digunakan sebagai bahan treatment, dianjurkan untuk tetap memiliki kadar vitamin dan mineral yang baik.

OBAT ALAMI
Buah, Sayur juga segala macam bahan dari alam, memang memiliki khasiat yang sangat besar. Tak ketinggalan untuk rambut Anda. Berbagai macam buah dan bahan alam berikut, membantu Anda dari masalah kerontokan rambut.
Jeruk lemon/jeruk nipis
Caranya :
·         Potong jeruk tipis-tipis
·         Ambil airnya, dengan memijatkan langsung ke kulit kepala bisa ditambahkan daun seledri
·  Diamkan beberapa saat, kemudian bilas dengan air bersih (keramas)
Alpukat
Caranya :
·         Ambil daging buah (kerok) dengan sendok
·  Haluskan daging buah dengan punggung sendok atau ulekan yang dilapisi plastic
·         Oleskan pada rambut (dari kulit hingga ujung rambut)
·         Pijat-pijat kulit rambut Anda (creambath)
·         Tutup rambut dengan handuk bersih, diamkan beberapa saat
·         Bilas dengan air bersih (keramas)
Santan Kelapa
Caranya :
·         Parut buah kelapa, peras, pisahkan santannya
·         Siramkan santan kelapa dirambut Anda, diamkan kurang lebih 30 menit
·         Bilas dengan air hangat agar tidak lengket
Kuning Telur
Caranya :
·         Pecahkan telur, ambil kuningnya saja. Aduk cepat
·         Tambahkan 1 sendok teh minyak zaitun
·         Larutkan dengan air hangat secukupnya
·         Usapkan campuran telur ini pada rambut Anda.
·         (rambut dalam keadaan kering, setelah dicuci bersih dengan shampoo)
·         Setelah rata, diamkan beberapa saat
·         Cuci kembali rambut Anda (baik dengan air hangat)

Aneka tips untuk rambut kuat (tidak mudah rontok)
1. Agar rambut tidak tercemar oleh berbagai jenis zat kimia. Usahakan seminimal mungkin atau bahkan hindari untuk mewarnai, meluruskan, dan mengkriting rambut Anda penataan (secara terus-menerus)
2. Jangan terlalu sering menggunakan pengering rambut karena dapat menyebabkan rambut rapuh. menyisir rambut saat masih basah juga tidak dianjurkan.
3. Tidak menggunakan topi, helm atau penutup kepala terus menerus (kecuali sebagai pengaman di lokasi kerja)
4. Pastikan diet secara seimbang (tetap perhatikan konsumsi protein, vitamin dan mineral
5. Keramas dan perawatan rambut secara teratur dan tidak berlebihan.

Diedit dari carapedia.com

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »