15 Keunggulan Pupuk Organik


Salam Revolusi Ilmiah...


Berbicara perihal pertanian organik, hal paling utama yang perlu di perhatikan dari segi pupuknya. Banyak jenis pupuk organik yang dikembangkan oleh para ahli dibidangnya menggunakan bahan-bahan yang alamiah. Namun sebelum berbicara banyak tantang pertanian organik, hal yang sering dipertanyakan adalah apa kelebihan dari pupuk organik dibandingkan dengan pupuk anorganik? Nah secara umum dari berbagai jenis pupuk organik yang dikembangkan, mempunyai banyak keunggulan dibandingkan dengan pupuk anorganik (kimia).

Apa keunggulannya? Berikut 15 Keunggulan pupuk organik dibanding pupuk kimia, antara lain :

1. Pupuk organik harganya lebih murah dan mudah dibuat sendiri. 
2. Pupuk organik mengandung unsur mikroorganisme yang lebih lengkap dibanding pupuk anorganik. 
3. Pupuk organik akan memberikan kehidupan mikroorganisme di dalam tanah, yang selama ini menjadi peran penting dalam kesuburan tanah. 
3. Pupuk organik mampu memobilisasi atau menjembatani unsur hara yang sudah ada ditanah, sehingga mampu membentuk partikel ion yang mudah diserap oleh akar tanaman. 
4. Pupuk organik berperan dalam pelepasan unsur hara tanah secara perlahan dan berkesinambungan, sehingga dapat membantu dan mencegah terjadinya ledakan suplai hara yang dapat membuat tanaman menjadi keracunan. 
5. Pupuk organik membantu menjaga kelembaban tanah dan mengurangi tekanan struktur tanah pada akar-akar tanaman.
6. Pupuk organik dapat meningkatkan struktur tanah dalam arti komposisi partikel yang berada dalam tanah lebih stabil dan cenderung meningkat. 
7. karena struktur tanah sangat berperan dalam pergerakan air dan partikel udara dalam tanah, aktifitas mikroorganisme menguntungkan pertumbuhan akar, dan kecambah biji. 
8. Pupuk organik sangat membantu mencegah terjadinya erosi lapisan atas tanah yang merupakan lapisan yang mengandung banyak unsur hara. 
9. Pemakaian pupuk organik juga berperan penting dalam menormalisir tingkat kesuburan tanah yang sudah dalam keadaaan tandus akibat penggunaan pupuk anorganik/kimia berlebihan dalam tanah. 
10. Pupuk organik berperan positif dalam menjaga kehilangan secara luas unsur hara Nitrogen dan Fosfor yang larut dalam tanah.
11. Keberadaan pupuk organik yang tersedia secara melimpah dan mudah didapatkan. Termasuk bahan-bahannya. 
12. Kualitas tanaman yang menggunakan pupuk organik akan lebih bagus jika dibanding dengan pupuk kimia sehingga tanaman tidak mudah terserang penyakit dan tanaman lebih sehat. 
13. Untuk kesehatan manusia tanaman yang menggunakan pupuk organik lebih menyehatkan karena kandungan nutrisinya lebih lengkap dan lebih banyak. Serta tidak adanya kandungan zat-zat kimia di dalamnya. 
14. Menggunakan pupuk organik jelas lebih ramah lingkungan. 
15. Dengan menggunakan pupuk organik, setidaknya kita bisa menjaga kesetimbangan ekosistem alam.

Setelah kita mengetahui 15 keunggulan penggunaaan pupuk organik tersebut, masihkah kita selalu mengandalkan pupuk kimia untuk tanaman kita ?Silahkan dipikir dan direnungkan sendiri. 

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca, yang doyan hal-hal alamiah.
Selamat berorganik…(r.a)


Edited from: sistem-pertanian-terpadu.blogspot.com
Picture from: lindakusumawati.blogspot.com

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »